Sistem Kerja Handphone

Handphone merupakan rangkaian elektronik pemancar dan penerima gelombang radio yang menggunakan suatu teknologi selular tertentu misalnya GSM, CDMA atau Dual Mode (GSM & CDMA. Agar dapat berfungsi dengan baik, handphone apapun merk dan typenya, harus selalu didukung perangkat perangkat yaitu hardware dan software. Hardware secara fisik dan fungsi dibedakan menjadi dua block besar rangkaian elektronik yaitu radio block dan logic / audio block.
Software awalnya masing -masing vendor handphone mempunyai O.S khusus (proprietary). Namun seiring perkembangan teknologi, saat ini ada beberapa O.S ya ng digunakan vendor yaitu iOS, BlackBerry, Android dan Windows Phone.
Setiap Vendor handphone memiliki spesifikasi dan desain maupun struktur, tata letak spare parts yang berbeda -beda, namun secara fisik dan fungsinya, hardware handphone bisa dibedakan dalam dua kategori besar

Radio Block & Logic (Audio Block)

Radio Block

Berfungsi dalam pengolahan proses sinyal Pancar / ransmitter (Tx) maupun sinyal Terima / Receiver (Rx). Di bagian transmitter, sinyal baseband complex diubah menjadi gelombang radio. Adapun komponen utamanya ( spesifikasi tiap vendor bisa berbeda-beda) adalah :

  • IF transmitter, terdiri dari IQ modulator yang merubah sinyal baseband menjadi IF frequency. Komponen ini biasanya sudah terintegrasi dalam IC RF.
  • RF transmitter, terdiri dari VCO, mixer & phase detector yang merubah IF frequency menjadi RF frequency. Komponen mixer & phase detector biasanya sudah terintegrasi dalam IC RF.
  • IC PA (Power Amplifier), berfun gsi menguatkan RF frequency yang siap diteruskan ke Antenna Switch.
  • Antenna switch & duplexer berfungsi untuk memilih Transmitter ke antenna & pemilihan band frequency yang sesuai.
  • Antenna berfungsi memancarkan / menerima gelombang RF.

Sebagai informasi tambahan, produk ponsel terbaru saat ini, seiring perkembangan teknologi elektronika khususnya desain chipset maka ada beberapa penggabungan spare parts misalnya tidak lagi menggunakan 2 IC (IF & RF) tetapi digabung menjadi IC RF saja

Logic (Audio Block)

Berfungsi memproses sinyal dari & ke radio block dan juga digunakan untuk mengontrol fungsi komponen lainnya, misalnya fungsi charge, fungsi audio, dll. Beberapa vendor handphone mempunyai banyak variasi spareparts logic / audio block.
Komponen utamanya ( spesifikasi tiap vendor bisa berbeda-beda) adalah :

  • IC CPU (Control Processor Unit), adalah komponen sentral yang antara lain berfungsi pengontrolan keseluruhan fungsi antara komponen-komponen Handphone.
  • IC Audio untuk fungsi pengubahan sinyal analog ke digital & sebaliknya.
  • IC Power Supply untuk fungsi pengaturan supply ke masing -masing komponen serta berperan pula untuk pengaturan proses charging.
  • IC Memory untuk penyimpanan data–data handphone, dibedakan menjadi :-EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory) untuk penyimpanan data-data yang sifatnya permanent seperti program – program dan pengguna handphone bisa memilih beberapa pilihan dari program ini, misal: seting bahasa, nada dering. Akan tetapi pengguna tidak bisa menuliskan program pada EEPROM.-RAM (Random Access Memory) untuk penyimpanan data-data/ informasi yang sifatnya dapat diganti-ganti atau di edit seperti phone book.-Flash, berisi file flash untuk proses booting handphone dan flow kerja berikutnya contoh mencari jaringan, proses penampilan logo, dst.

 

  • Sim / RUIM card Reader untuk fungsi pembacaan informasi subscriber / pelanggan yang disimpan dalam SIM (Subscriber Identity Module) bagi pengguna GSM; RUIM (Removable User Identity Module) bagi pengguna hp CDMA.
  • Display untuk fungsi menampilkan teks / gambar
  • Keyboard untuk fungsi input teks / nomor ke handphone
  • Earpiece berfungsi untuk mengubah getaran audio menjadi suara yang bisa kita dengarkan.
  • Mic berfungsi untuk mengubah suara menjadi getaran audio.

Sebagai update informasi, sama seperti pada Radio Block maka Logic /Audio Block produk ponsel terbaru saat ini, terdapat beberapa penggabungan spare penggabungan spare parts misalnya ponsel Nokia tidak lagi menggunakan 2 IC berbeda (Audio &Power supply) tetapi fungsi kedua IC tersebut digabung menjadi IC UEM saja.

unlockhp.com

 

This entry was posted in Technical. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *